Lomba Balap Ketinting Ramaikan Erau 2023

Divisi.id – Puluhan pebalap dari berbagai kota di Kalimantan Timur (Kaltim) telah bersaing dalam lomba balap ketinting yang diadakan oleh Persatuan Olahraga Ketinting (POK) Kutai Kartanegara (Kukar) di Perairan Sungai Mahakam Kota Tenggarong pada Jumat (29/9/2023).

Lomba balap ketinting ini menjadi salah satu sorotan dalam rangka memeriahkan perayaan Erau Adat Pelas Benua. Acara ini resmi dibuka oleh Aisiten I Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara, Akhmad Taufik Hidayat, yang mewakili Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Perlombaan ini telah menarik perhatian masyarakat yang memadati tepian Sungai Mahakam untuk menyaksikan para pembalap ketinting menunjukkan keahlian mereka dalam mengemudikan ketinting dengan cepat.

Selain menjadi bagian dari perayaan Erau, lomba balap ketinting ini juga memberikan kesempatan kepada pecinta olahraga ini di Kalimantan Timur, khususnya Kukar, untuk mengejar hobi mereka dan menunjukkan bakat dalam balap ketinting.

Para pebalap dengan penuh semangat memperlihatkan kemampuan mereka dalam menghadapi ombak deras Sungai Mahakam, yang diiringi sorak sorai meriah dari penonton yang telah memadati area tersebut sejak pagi hari.

Dalam sambutannya, Bupati Kukar yang diwakili oleh Akhmad Taufik Hidayat, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini. Ia juga menekankan bahwa berbagai kegiatan yang diadakan dalam rangka perayaan Erau Adat Pelas Benua adalah wujud nyata dari komitmen dan partisipasi masyarakat Kukar dalam memajukan pariwisata di daerah ini.

“Ini diharapkan menjadi ikon pariwisata global di Kukar, khususnya untuk memeriahkan acara Erau yang bisa menghibur masyarakat dan wisatawan,” kata Taufik.

Kegiatan ini memperlombakan dua kelas balap, yaitu kelas bebas 500 cc dengan 38 peserta dan Kelas 7,5 hp piston dengan 37 peserta, sehingga totalnya ada 75 pebalap yang berpartisipasi.

Taufik berharap bahwa kegiatan ini akan berjalan lancar, aman, dan sukses dalam menghibur masyarakat. Selain itu, ia berharap bahwa kegiatan ini juga akan memberikan dampak positif pada ekonomi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berjualan di sekitar lokasi perlombaan.

“Terakhir, saya ingin mengucapkan selamat bertanding kepada semua peserta,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *