Pemkab Kukar Dapat Dukungan dari Kemenkop-UKM RI untuk Pengembangan Sektor Pertanian

Divisi.id – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) RI berkomitmen mendukung Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) dalam pengembangan dan hilirisasi sektor pertanian.

Komitmen ini diumumkan oleh Deputi Bidang UKM, Kemenkop-UKM, Hanung Harimba Rachman, dalam kunjungannya ke Kukar baru-baru ini.

Bupati Kukar, Edi Damansyah, menyambut baik rombongan Kemenkop-UKM di Rumah Jabatan Bupati Kukar, Pendopo Odah Etam.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Edi Damansyah meminta bantuan Kemenkop-UKM dalam pembangunan pabrik industri rumput laut di Kecamatan Muara Badak serta pengembangan pabrik tepung jahe dan minyak atsiri di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kuku.

“Saat ini, pengadaan mesin pabrik rumput laut di Muara Badak sedang dalam proses lelang. Oleh karena itu, saya meminta bantuan dan pendampingan dari Kemenkop-UKM,” ungkap Bupati Edi.

Diharapkan, pembangunan dua pabrik ini akan membawa dampak ekonomi positif bagi petani setempat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat masyarakat. Dengan dukungan aktif dari Kemenkop-UKM, diharapkan hilirisasi produk pertanian di Kukar dapat dipercepat.

Hanung merespons permintaan tersebut dengan positif, menyatakan kesiapannya untuk membantu dan mendampingi Pemkab Kukar dalam pembangunan dan pengembangan kedua pabrik tersebut.

Dukungan ini bertujuan memastikan kelancaran program Pemkab Kukar yang sejalan dengan visi Kemenkop-UKM, yaitu meningkatkan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah.

“Hal ini sejalan dengan visi Kemenkop-UKM, yang mendorong hilirisasi untuk mendukung pelaku UMKM di daerah. Kemenkop-UKM siap membantu apa yang diinginkan Pemkab Kukar, saya akan mengutus tim untuk memberikan pendampingan,” tegas Hanung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *