Warga Maluhu Berinovasi dengan Bank Sampah Al-Hidayah

Divisi.id – Di Kelurahan Maluhu, Tenggarong, ada bank sampah yang bernama Al-Hidayah. Bank sampah ini didirikan oleh warga RT 4 yang ingin mengelola sampah rumah tangga menjadi barang yang bermanfaat, seperti pupuk dan kerajinan. Selain itu, bank sampah ini juga menyumbangkan sebagian hasil penjualannya untuk mendukung Taman Pendidikan Alquran (TPQ) di sekitarnya.

Bank sampah ini menggunakan sistem sederhana. Mereka membagikan karung kepada warga untuk memilah sampah organik dan non-organik. Sampah organik diolah menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah non-organik diubah menjadi tas dari plastik bekas, eco brick, dan lain-lain.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, mengaku bangga dengan bank sampah ini. Ia mengharapkan bank sampah ini bisa menyebar di setiap RT di kelurahannya. Menurutnya, bank sampah ini memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

“Saya ingin melihat bank sampah ada di setiap RT. Ini akan membantu warga dalam mengelola sampah dan menjadikannya sumber manfaat,” katanya.

Direktur Bank Sampah Al-Hidayah, Sugiarto, menjelaskan bahwa bank sampah ini bertujuan untuk menjaga kebersihan desa dan meningkatkan kesejahteraan warga. Ia mengatakan bahwa ia belajar mengelola sampah secara otodidak melalui internet dan diskusi rutin.

“Manfaatnya pun beragam, seperti hasil penjualan kerajinan sampah yang disumbangkan ke TPQ langgar sekitar Maluhu. Pupuk kompos yang dibuat dari dedaunan juga digunakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam pertanian mereka,” ujarnya.

Ia berharap ada dukungan dari pemerintah berupa fasilitas seperti alat transportasi untuk mengangkut sampah dari warga. Ia juga berharap bank sampah ini bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lain dalam mengelola sampah secara mandiri dan produktif.

“Harapannya ada bantuan dan dukungan dari pemerintah, perlu alat transportasi untuk angkut sampah warga,” pungkasnya.

Bank Sampah Al-Hidayah ini baru beroperasi selama delapan bulan, namun sudah menunjukkan prestasi yang membanggakan. Bank sampah ini siap mengikuti kompetisi seperti penilaian Adipura dan menjadi inspirasi bagi masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *