Kecamatan Loa Kulu Perkuat Sektor Pertanian, Bersiap Sambut IKN Nusantara

Divisi.id – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di Kalimantan Timur sedang aktif mempersiapkan kedatangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke wilayah ini. Salah satu langkah penting dalam persiapan ini adalah memperkuat sektor pertanian, peternakan, dan perikanan di Kecamatan Loa Kulu.

Ardiansyah, Camat Loa Kulu, menjelaskan bahwa wilayah yang ia pimpin telah mengimplementasikan sejumlah inovasi dalam pertanian. Misalnya, di Desa Loa Sumber, terdapat Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sumber Purnama yang mampu menghasilkan beras berkualitas dari panen petani setempat.

Selain itu, mereka akan segera memulai operasional Rumah Produksi Bersama (RPB) Jahe di Desa Jonggon Jaya. Kecamatan Loa Kulu juga memiliki perkebunan kelapa sawit dan fasilitas pengolahan kelapa sawit. Bahkan, lahan pascatambang dimanfaatkan untuk pemeliharaan sapi.

“Semua tindakan ini menunjukkan bahwa kami siap bekerja sama dengan IKN Nusantara dalam memastikan pasokan pangan yang memadai,” ujar Ardiansyah pada Kamis (12/10/2023).

Ia menegaskan bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan Badan Otorita IKN Nusantara untuk merancang rencana strategis pengembangan wilayah Kecamatan Loa Kulu. Upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga tengah dijalankan agar wilayah ini bisa bersaing dengan pendatang baru di IKN Nusantara.

“Kami telah mempersiapkan semua aspek di sektor pertanian, peternakan, dan perikanan di Loa Kulu. Saat ini, kami tinggal menanti arahan dari Badan Otorita IKN Nusantara untuk melaksanakan proyek-proyek strategis di wilayah kami,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *