Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Peningkatan Budaya Literasi di Masyarakat

Divisi.id – Budaya literasi di Indonesia dianggap sebagai tantangan serius yang dihadapi saat ini, terutama karena rendahnya minat masyarakat untuk membaca. Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Akhmed Reza Fachlevi, memberikan tanggapannya terhadap isu ini dan mendorong peningkatan minat baca di kalangan masyarakat.

“Budaya membaca masyarakat ditingkatkan lagi. Apalagi tingkat literasi kita di Kaltim khususnya masih rendah,” ungkap Reza, beberapa waktu lalu.

Reza menekankan pentingnya budaya literasi, khususnya terkait pemahaman sejarah kemerdekaan bangsa. Ia menyatakan bahwa peningkatan minat baca dapat membantu masyarakat memahami proses sejarah yang panjang, termasuk perjalanan menuju kemerdekaan.

“Ini penting. Sehingga proses sejarah yang panjang itu dapat dipahami. Untuk itu, budaya literasi yang baik sangat penting untuk ditingkatkan,” serunya.

Politikus dari Partai Gerindra ini juga mengajak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim untuk memberikan dukungan maksimal dalam peningkatan budaya literasi. Salah satu langkah yang diusulkannya adalah dengan menyediakan ruang baca di tempat-tempat umum.

“Kita juga mengikuti era digital, jadi membaca tidak hanya melalui buku saja, tapi bisa melalui handphone atau aplikasi yang lainnya,” tambahnya.

Reza menyoroti pentingnya mengikuti perkembangan teknologi dalam promosi literasi, di mana akses membaca tidak hanya terbatas pada buku fisik, tetapi juga melalui platform digital. Inisiatif ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan budaya literasi di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *