Wakil Ketua DPRD Kaltim Dukung Program Hilirisasi untuk Optimalkan Sumber Daya Alam

Divisi.id – Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur, Muhammad Samsun, memberikan dukungan positif terhadap program Hilirisasi yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Menurutnya, Hilirisasi perlu segera diterapkan di Kaltim mengingat melimpahnya sumber daya alam di daerah tersebut.

“Iya tentunya demi mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam di Kaltim yang melimpah, hilirisasi harus segera dilakukan. Mengingat di Kaltim sendiri batubara yang dihasilkan selama ini lebih banyak kita hanya mengekspor bahan mentah atau material,” ujar Samsun.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyatakan bahwa, selain sektor pertambangan, Kaltim juga memiliki banyak pabrik minyak sawit mentah (CPO) yang mengolah minyak sawit mentah.

Sebab itu, dia menekankan pentingnya memikirkan produk turunan untuk mengoptimalkan industri kelapa sawit dari hulu hingga hilir.

Sementara untuk pemanfaatan lahan pascatambang, Samsun mengakui bahwa ide tersebut bagus, tetapi sulit diwujudkan secara efektif.

Ia menjelaskan bahwa tanah bekas tambang dapat mengandung zat asam yang dapat membuatnya tidak produktif untuk penanaman kembali. Meskipun dapat dilakukan, prosesnya memerlukan usaha besar, termasuk pemulihan kesuburan tanah.

“Kalaupun bisa, butuh usaha yang cukup besar. Dimana tanahnya harus gembur lagi dan juga perlu menambah unsur hara dalam tanah,” tambahnya.

Dengan dukungan terhadap Hilirisasi, diharapkan Kaltim dapat lebih optimal dalam memanfaatkan sumber daya alamnya dan meningkatkan nilai tambah produk lokal, membuka peluang lapangan kerja, serta memperkuat ekonomi daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *