Kepala BPSDM Kemendagri, Sugeng Hariyono membuka secara resmi kegiatan Diklat legal drafting

Divisi.id – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (BPSDM Kemendagri) telah menginisiasi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Legal Drafting yang berlangsung dari tanggal 9 -13 Oktober 2023.

Acara ini difokuskan pada Penyusunan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, dengan peserta yang datang dari berbagai organisasi perangkat daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Tujuan utama dari Diklat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi aparatur pemerintah dalam menyusun Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada). Harapannya, peraturan yang dihasilkan nantinya akan lebih berkualitas, aspiratif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Pada pembukaan Diklat tanggal 9 Oktober 2023, Sugeng Haryono menekankan bahwa pentingnya peran seorang legal drafter. Sebab, produk hukum memiliki dampak signifikan terhadap kesuksesan pengelolaan ekonomi di setiap daerah.

“Oleh karena itu, partisipasi masyarakat dalam proses pembuatan produk hukum harus ditingkatkan,” ucapnya.

Pun, Sugeng memberikan contoh seperti poin yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan. Undang-Undang tersebut dianggap sebagai landasan bagi pemerintah daerah dalam menghadirkan Perda yang terencana, terpadu, dan berkelanjutan.

“Hal ini diharapkan dapat memperkuat tata kelola dan kualitas Perda yang dihasilkan,” pintanya.

Terakhir, Sugeng juga memaparkan tiga asas hukum yang harus menjadi acuan dalam penyusunan produk hukum.

“Asas lex superior derogat legi inferiori, Asas lex specialis derogat legi generali, dan Asas lex posterior derogat legi priori,” tutupnya.

Wartawan: Sukirman
Editor: Intan Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *