Sektor Pertanian dan Perkebunan Kaltim Potensial untuk Pengembangan IKN

Divisi.id – Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid, menyatakan bahwa sektor pertanian dan perkebunan di Kaltim memiliki potensi besar untuk dikembangkan dalam menyambut Ibukota Nusantara (IKN).

Ia menekankan bahwa Kabupaten Kutai Kartanegara, khususnya, telah menjadi pemasok utama hasil pertanian dan perkebunan di seluruh kabupaten/kota di Kaltim.

“Kita harus sudah bersiap untuk IKN, kita persiapkan mental dan sumber daya yang kita miliki. Di bidang pertanian dan perkebunan ini harus ditingkatkan dan diperluas, karena sampai hari ini kita masih sebagai pemasok sayur mayur untuk Kota Balikpapan dan beberapa daerah lain, nah apalagi kalau ada IKN, pasti kita dapat dampak untungnya,” ungkapnya.

Ely menyoroti perlunya dorongan kuat dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan sektor pertanian dan perkebunan.

Ia menekankan pentingnya membangkitkan kembali lahan tidur, meningkatkan sarana dan prasarana pendukung, seperti pupuk, dan memotivasi generasi muda untuk terlibat dalam sektor ini.

Meskipun Ely mengakui bahwa saat ini banyak generasi muda enggan terlibat dalam pertanian dan perkebunan, ia mengajak perubahan pikiran dan mengingatkan bahwa sektor pertambangan akan habis.

Ia menyatakan bahwa perubahan pemikiran masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia di bidang pertanian dan perkebunan adalah kunci untuk meraih potensi positif dari IKN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *