Luncurkan Portal Digital KISS, BPSDM Kaltim harap OPD di Kaltim Ikut berperan

Divisi.id – Dalam upaya mensukseskan program Kalimantan Timur Korporat University (Kaltim CorpU) Aparatur Sipil Negara (ASN) tangguh untuk Indonesia, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kaltim meluncurkan Portal Digital dengan nama Knowlege Integrated Solution System (KISS).

Peluncuran KISS itu diperkenalkan oleh Kepala BPSDM Kaltim, Dra. Nina Dewi, M.AP saat menyampaikan pidato pembukaan pelatihan pelayanan prima dan komunikasi efektif bagi tenaga kesehatan dan pelatihan hukum acara perdata serta hukum acara PTUN di Aula Serbaguna Hotel Fugo Samarinda. Selasa (19/9/2023).

“Kami telah meluncurkan program Kaltim CorpU pada acara Jambore Inovasi Kalimantan di bulan Agustus lalu. Jadi melalui program Kaltim CorpU ini kami membuat Portal Digital KISS yang bisa diakses melalui web resmi BPSDM Kaltim,” ucap Nina Dewi saat sambutannya.

Lebih lanjut, Nina Dewi memaparkan bahwa Portal Digital KISS adalah langkah awal dari program Kaltim CorpU BPSDM Kaltim dalam pengembangan SDM bagi ASN di lingkungan Kaltim.

“KISS adalah portal digital yang bisa digunakan sebagai sarana manajemen pelatihan, dan juga ada pelatihan secara mandiri didalamnya, semua model pembelajaran dan pelatihan ada di KISS. Kita bekerja sama dengan webiner lembaga non pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan SDM aparatur secara tepat, efektif dan efisien,” jelasnya kepada peserta pelatihan.

Pun, Ia membeberkan bahwa diluncurkannya portal digital KISS tersebut adalah guna menjalankan amanah Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2020 tentang Manajemen PNS, pemenuhan hak belajar 20 jam bagi ASN dan 25 Jam bagi PPPK untuk pengembangan kompetensi ASN.

“Tindak lanjut apakah pemerintah daerah tidak memenuhi atau dikenalkan PP 17 tahun 2020 ini, pihak perangkat daerah harus memperhatikan kebutuhan ASN-nya, makanya ayo apakah ada usulan soal pelatihan yang dibutuhkan oleh perangkat daerah bisa disampaikan ke kita,” terangnya.

Terakhir, guna mensukseskan terwujudnya ASN yang berkualitas, tentunya BPSDM tidak mampu untuk berjalan sendiri. Oleh sebab itu, dirinya berharap agar ada dukungan dari perangkat-perangkat Daerah lainnya supaya mensukseskan program tersebut.

“Kita tidak bisa berjalan sendiri, pastinya butuh dukungan perangkat daerah dilingkungan Kaltim, Oleh sebab itu melalui Kaltim CorpU ini diharapkan kita dapat melaksakan betul-betul mengembangkan kapasitas SDM sesuai kebutuhan,” pungkasnya.

Wartawan: Sukirman
Editor: Intan Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *