Dinkes Kaltim Terus Tingkatkan Layanan Kesehatan, Fokus pada Kesehatan Keluarga dan Mental

Divisi.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur (Kaltim), dr Jaya Mualimin menyampaikan perlunya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, terutama dalam aspek kesehatan keluarga dan mental.

Jaya menjelaskan bahwa untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara menyeluruh, Dinkes berkomitmen mengelola layanan terpadu, dengan fokus pada semua kelompok usia, termasuk konseling kesehatan mental.

“Kami kerja sama dengan Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DKP3A) serta Pusat Pelayanan Terpadu Kesehatan dan Gizi (PusPaga) sangat penting dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan mental,” ungkap Jaya di Samarinda, belum lama ini.

Langkah tersebut mencakup penyediaan layanan konseling di semua fasilitas kesehatan tingkat pertama, termasuk konseling kesehatan mental anak.

Ia mencatat terkait kasus bunuh diri, hingga saat ini belum ada data melaporkan kejadian tersebut di Kaltim.

Meski begitu, ia menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap potensi kasus tersebut dan mengacu pada langkah-langkah pencegahan, termasuk perbaikan infrastruktur, seperti memasang jaring kawat pada jembatan yang berpotensi sebagai tempat bunuh diri.

Ia juga menyebut bahwa fasilitas di puskesmas telah dilengkapi dengan ruang konseling dan semua layanan yang diperlukan, serta terdapat rujukan ke Rumah Sakit Atma Husada yang memiliki psikolog dan dokter jiwa, untuk menjamin kualitas pelayanan kesehatan mental.

Lebih lanjut, ia menyoroti hubungan erat antara pelayanan keluarga dan kesehatan mental. Ia menyatakan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan dinas kota dan kabupaten untuk memastikan adanya layanan unggulan dalam hal kesehatan mental.

“Dinkes Kaltim berkomitmen menyediakan pelayanan kesehatan holistik dan merawat kesehatan masyarakat dengan baik,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *