Distanak Kukar Tingkatkan Jumlah Ternak dengan Bibit Unggul

Divisi.id – Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan daerah yang masih sangat bergantung pada pasokan daging dari daerah lain. Untuk mengurangi ketergantungan ini, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar telah menyalurkan ratusan bibit ternak unggul sepanjang tahun 2023. Bibit ternak yang disalurkan adalah bibit sapi dan kambing yang berasal dari daerah lain yang memiliki kualitas unggul.

“Kami mendatangkan bibit ternak unggul dari luar daerah sebagai salah satu langkah untuk mengembangkan peternakan di Kukar,” ungkap Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Distanak Kukar, Aji Gozali, Kamis (26/10/2023).

Aji Gozali juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar berencana untuk memaksimalkan lahan bekas tambang sebagai lokasi peternakan sapi. Pemkab Kukar juga berinisiatif untuk mengkombinasikan perkebunan kelapa sawit dengan peternakan.

“Pemerintah juga memberikan bantuan kandang ternak dan bibit ternak berbagai jenis kepada para peternak. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi para peternak dan dapat meningkatkan jumlah ternak di Kukar,” tuturnya.

Beberapa kelompok ternak di Kukar telah mendapatkan bantuan bibit ternak dari Distanak Kukar. Ada sekitar 115 bibit kambing yang disalurkan ke 4 kelompok ternak di tiga kecamatan, yaitu Marangkayu, Tenggarong, dan Anggana. Distanak Kukar juga memberikan bantuan kandang ternak kepada beberapa kelompok peternak lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *