HKN, Dinkes Kaltim Ajak Masyarakat Ikut Transformasi Kesehatan

Divisi.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur (Kaltim) dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 mengadakan serangkaian kegiatan, termasuk serasehan dengan OPD terkait.

Kepala Dinkes Kaltim, Jaya Mualimin mengemukakan bahwa instansinya akan menggelar HKN dengan tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju,” dan mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi.

“Seluruh elemen masyarakat harus berpartisipasi dalam kegiatan yang akan kita lakukan melalui beberapa rangkaian,” ucap Jaya.

Jaya menerangkan bahwa peringatan HKN tanggal 12 November 2023 akan mencapai puncaknya pada 13 November 2023 di halaman kantor gubernur di Jalan Gajah Mada, Samarinda.

Ia menyatakan, acara tersebut melibatkan berbagai kegiatan, termasuk sarasehan untuk seluruh pemangku kepentingan di bidang kesehatan.

Sementara ada hari kedua, jaya menyebutkan yaitu tanggal 14 November 2023 akan diadakan acara sosialisasi bersama Aparatur Sipil Negara (ASN), tenaga honorer, pensiunan, dan kepala lembaga pendidikan.

“Kemudian, pada 17 November 2023 di aula Dinas Kesehatan akan ada jalan sehat, gowes, bakti sosial, dan bazar pada 18 November 2023 di aula GOR Kadrie Oening, Sempaja,” tuturnya.

Jaya mengungkapkan Dinkes Kaltim akan melibatkan UMKM dalam bazar dan menyediakan doorprize menarik seperti motor, kulkas, serta TV.

“Kalau ada masyarakat umum yang berpartisipasi tidak masalah. Kami sifatnya ingin kegiatan ini dinikmati semua kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Kemudian, dalam acara tersebut Dinkes juga akan melakukan evaluasi terhadap transformasi sistem kesehatan di Kaltim sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.

“Tujuannya adalah untuk mensinkronkan kegiatan terkait kesehatan agar bisa dikoordinasikan dan diatur agar semua ada pengendalian dalam satu komando. Jadi, kalau ada masalah terkait layanan yang tidak puas, masalah terkait saran, bisa langsung melalui badan pengawas rumah sakit yang kedudukannya di Dinkes,” jelasnya.

Jaya juga mengatakan adanya penambahan tim medis, beasiswa untuk sekolah spesialis, dan peresmian beberapa rumah sakit baru di Kaltim diharapkan meningkatkan sistem pelayanan kesehatan di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *