Kelurahan Melayu Tenggarong Siapkan Bank Sampah untuk Manfaatkan Sampah Rumah Tangga

Divisi.id – Bank sampah adalah tempat untuk menukar sampah yang sudah dipilah dengan uang atau barang yang bermanfaat. Bank sampah ini akan berdiri di Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, pada tahun 2024. Bank sampah ini dimaksudkan untuk memanfaatkan sampah rumah tangga yang sering menjadi beban di lingkungan.

Lurah Melayu, Aditiya Rakhman, menyebutkan bahwa bank sampah ini akan diperkuat dengan mesin untuk mengolah sampah menjadi bahan yang lebih bernilai, seperti briket, pupuk organik, atau kerajinan tangan. Ia mengatakan bahwa bangunan bank sampah sudah ada dan siap untuk dioptimalkan untuk pengolahannya.

“Kalau bangunannya sudah ada di 2024, mau di optimalkan untuk pengolahannya,” sebut Aditiya saat ditemui oleh wartawan pada Jumat (27/10/2023).

Aditiya juga menyampaikan bahwa beberapa RT di Kelurahan Melayu sudah memiliki bank sampah yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat. Ia berinisiatif untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh warga agar setiap RT bisa memiliki bank sampah.

“Itu sudah kami sampaikan ke semua Ketua RT,” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *