Teknologi Hybrid Terobosan Baru dalam Kamar Operasi RS Kaltim

Divisi.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur (Kaltim), dr. Jaya Mualimin, telah mengumumkan terobosan baru dalam bidang kesehatan, yaitu penggunaan teknologi hybrid dalam kamar operasi rumah sakit.

Inovasi tersebut memungkinkan para dokter spesialis untuk berkolaborasi dalam prosedur bedah tanpa harus berada dalam satu ruangan fisik.

“Penerapan metode hybrid ini memungkinkan berbagai spesialis bedah untuk berpartisipasi dalam operasi tanpa harus secara fisik berada di ruang operasi,” tutur Jaya di Samarinda

Teknologi tersebut memungkinkan para dokter untuk melakukan konsultasi antardokter melalui berbagai media, termasuk ponsel dan teknologi lainnya.

Kemudian, teknologi hybrid juga mencakup penggunaan perangkat robotik yang menghubungkan gambar dan pencitraan dengan alat-alat medis yang ada di ruang operasi.

Adopsi teknologi hybrid merupakan langkah maju yang signifikan dalam bidang kesehatan, membuka peluang untuk kolaborasi bedah yang lebih efisien dan efektif, serta memungkinkan pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara dokter spesialis yang mungkin berada di lokasi yang berjauhan.

“Semoga Pemprov Kaltim, bersama RSUD Abdoel Wahab Sjahranie dan RS Kanujoso, segera mampu melaksanakan operasi yang sulit,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *