Samboja Barat Terpilih Jadi Lokasi Nusantara AGRIFest 2023

Divisi.id – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan melakukan Nusantara AGRIFest 2023 di Kecamatan Samboja Barat, Kutai Kartanegara. Acara ini merupakan forum belajar dan promosi pertanian berkelanjutan yang akan diadakan pada November 2023 di Desa Margo Mulyo.

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, Myrna Safitri, mengatakan bahwa acara ini akan menyediakan berbagai kegiatan menarik. “Kegiatan ini akan meliputi temu petani, forum bisnis, pameran, pasar seni dan pasar murah pangan, serta berbagai bentuk kesenian,” ujarnya, Minggu (29/10/2023).

Myrna Safitri mengatakan bahwa tujuan dari Nusantara AGRIFest 2023 adalah untuk membentuk ekosistem pertanian yang sejalan dengan pengendalian hutan. Ia mengharapkan acara ini dapat menunjang koneksi dan kerjasama antara petani di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di Kutai Kartanegara (Kukar).

Bupati Kukar, Edi Damansyah, mengapresiasi rencana tersebut. Ia mengapresiasi andil petani di Samboja Barat, khususnya kelompok pemuda yang tergabung di petani milenial dan KTNA yang terdiri dari petani dan nelayan. “Kami sangat mendukung kegiatan Nusantara AGRIFest 2023. Ini menunjukkan potensi dan andil petani di Kukar, yang merupakan lumbung pangan di wilayah Kalimantan Timur. Kami juga berharap petani di Kukar dapat menjadi penyuplai bahan pangan di wilayah ibu kota negara baru,” katanya.

Camat Samboja Barat, Burhanuddin, mengatakan bahwa daerahnya memiliki potensi di sektor perikanan dan pertanian. Sejak IKN hadir di Kaltim, daerah ini terus berbenah dan berkembang. “Kami terus menyiapkan warga kami yang tergabung di Gapoktan untuk bisa berkembang. Kami juga memiliki produk unggulan seperti timun di PPU yang sangat menjanjikan. Selain itu, Kampung Lengkeng dan hidroponik estate sudah mendukung kebutuhan di Balikpapan,” ucapnya.

Burhanuddin menekankan peran Samboja Barat sebagai pilar ketahanan pangan. Ia juga mengatakan bahwa BRIDA Kukar telah meluncurkan penelitian analisis sosial ekonomi masyarakat di bidang perkebunan, pertanian, dan kelautan. “Kami dorong pengembangan sektor pertanian dalam arti luas, karena kami masih terhambat di pengembangan dan pendekatan SDM yang terbatas. Kami berharap Nusantara AGRIFest 2023 dapat menjadi ajang belajar dan promosi pertanian berkelanjutan di Kukar,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *