Wakil Ketua DPRD Kaltim Ajak Pemuda Bergandengan Tangan Perjuangkan Indonesia

Divisi.id – Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023, Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji mengajak seluruh pemuda di daerah untuk bergandengan tangan dalam memperjuangkan bangsa Indonesia

“Makna Sumpah Pemuda yang pertama adalah menyatukan perjuangan bangsa Indonesia dan perjuangan para pemuda berakhir dengan perolehan kemerdekaan bangsa,” ucapnya, Sabtu (28/10/2023).

Menurut Seno, makna sumpah pemuda yang kedua adalah sebagai rasa cinta tanah air. Kemerdekaan Indonesia didapatkan dari perjuangan ratusan tahun yang melibatkan pengorbanan jiwa dan harta benda rakyat.

“Sumpah Pemuda menyumbangkan besar pada gerakan kemerdekaan sebagai cerminan rasa cinta yang besar para pemuda kepada tanah air. Termasuk mencintai keragaman budaya, keyakinan, bahasa, dan suku,” tegasnya.

Ia mendorong semangat juang generasi muda dalam gerakan rumusan yang akan berkobar untuk menciptakan kesatuan dan persatuan bangsa. “Semangat juang dalam isi Sumpah Pemuda bisa menjadi contoh nyata bagi generasi muda atau Gen-z saat ini untuk mengambil langkah dalam mengisi kemerdekaan,” sambungnya.

Terakhir, peringatan sumpah pemuda merupakan semangat juang dari para pemuda generasi terdahulu. “Kita ingin dari generasi ke generasi mampu memaknai dengan baik cita-cita luhur dari penggagas lahirnya semangat pemuda dalam persatuan dan kesatuan. Saat ini, makna hari sumpah pemuda di kalangan milenial diartikan tidak hanya sekedar kebiasaan dan perayaan tahunan saja, namun seharusnya bisa merefleksikan semangat perjuangan pemuda saat itu ketika memegang tombak untuk meraih kemerdekaan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *