Dinkes Kaltim Dukung Peningkatan Fasilitas Kesehatan di IKN Nusantara

Divisi.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin beserta jajarannya mempersiapkan peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Presiden RI Joko Widodo, di dua rumah sakit swasta Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Presiden Jokowi besok akan groundbreaking dua rumah sakit swasta di IKN, yaitu Rumah Sakit Hermina dan Rumah Sakit Mayapada,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kaltim, Setyo Budi Basuki, Selasa (31/10/2023).

Basuki mengungkapkan kehadiran dua rumah sakit swasta tersebut akan signifikan meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi warga IKN dan sekitarnya, serta akan menjadi rujukan bagi wilayah lain di luar provinsi Kaltim.

“Dua rumah sakit itu juga akan menjadi rujukan bagi wilayah-wilayah lain di luar provinsi Kaltim, bukan hanya untuk pekerja IKN saja, melainkan juga masyarakat umum,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa Dinkes Kaltim mendukung langkah-langkah pemerintah pusat dan investor dalam sektor kesehatan di IKN Nusantara dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat IKN.

“Kami berharap keberadaan dua rumah sakit itu akan lebih menjamin kesehatan masyarakat IKN,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga telah melakukan groundbreaking untuk rumah sakit Abdi Waluyo di IKN, dengan investasi sekitar Rp2 triliun, yang diharapkan akan menjadi pusat perawatan sub-spesialis dan menarik pasien dari luar IKN dan bahkan dari luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *