Dispora Kaltim Gencarkan Peningkatan Pariwisata Melalui Cabang Olahraga di Benua Etam

Divi.id – Salah satu kefokusan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora Kaltim) saat ini, yaitu mengupayakan peningkatkan pariwisata di Benua Etam melalui cabang olahraga.

Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma, mengungkapkan bahwa peningkatan ini berhasil melalui kolaborasi erat dengan Dinas Pariwisata Kaltim. Terutama cabang olahraga seperti Layar yang terdapat di Kabupaten Berau, diidentifikasi memiliki potensi besar untuk mengembangkan sektor pariwisata.

“Dalam hal ini, kami telah menjalin kerjasama dengan Dinas Pariwisata, yang memiliki ikon pariwisata di Maratua. Di sana, kami telah membangun Venue Layar, serta menyediakan fasilitas untuk berbagai olahraga laut, termasuk Ski Air,” ujar Agus.

Selain itu, Agus menjelaskan bahwa di daerah tersebut telah disiapkan alat transportasi untuk mendukung wisatawan yang datang. Hal ini memungkinkan para wisatawan mudah menggunakan sarana tersebut.

“Jika Anda berkunjung ke Derawan, terdapat Venue Kaltim khusus untuk olahraga yang melibatkan sarana laut, yang sekaligus berperan dalam industri pariwisata,” lanjutnya.

Agus juga memaparkan bahwa ada beberapa cabang olahraga lain yang memiliki potensi besar sebagai bagian dari industri pariwisata, seperti Voli Pantai, yang dapat menarik minat warga dan pengunjung untuk menyaksikan pertandingan.

“Kami berencana untuk mengadakan pertandingan Voli Pantai karena itu termasuk dalam industri olahraga. Olahraga indoor seperti sepak bola, basket, dan voli juga telah berkembang,” jelas Agus.

Dispora juga telah memberikan perhatian khusus kepada pengurus cabang olahraga dalam berkoordinasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim.

“Kami memberikan dorongan khusus, Upaya dalam menggalakkan sport tourism sudah kami lakukan, tergantung pada teman-teman dari cabang olahraga yang bekerja sama dengan KONI dalam menjalankan penetrasi sport tourism,” tutupnya.

Adv/Az

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *