Salehuddin Dukung Peningkatan Kompetensi Pengawas Sekolah

Divisi.id – Anggota DPRD Kaltim, Salehuddin mendukung penuh upaya peningkatan kompetensi pengawas sekolah di Kaltim.

“Fakta bahwa jumlah guru dalam sistem pendidikan jauh lebih banyak daripada jumlah pengawas, berarti perhatian lebih terhadap peningkatan kompetensi pengawas lebih dibutuhkan,” jelasnya.

Menurutnya, pengawas seringkali mengalami keterlambatan dalam menerima informasi dan pelatihan yang dibutuhkan. Namun, adanya persoalan tersebut dapat diatasi melalui sinergi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim dan pengawas sekolah.

Salehuddin meminta Disdikbud Kaltim dapat mengambil peran aktif untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah.

“Mengingat satu pengawas harus mengawasi beberapa sekolah dan ratusan guru, perlu perbaikan dalam sistem rekrutmen pengawas,” terang Politisi Golkar itu, Senin (30/10/2023).

Anggota legislatif Dapil Kutai Kartanegara (Kukar) itu berharap aturan terkait pengangkatan pengawas dapat direvisi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendik) yang berlaku agar meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengawasan di sektor pendidikan.

Ia itu juga turut menyoroti pentingnya perhatian terhadap kesejahteraan pengawas sekolah. “Pengawas yang memiliki kesejahteraan yang memadai akan lebih termotivasi dalam melaksanakan tugasnya dan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *