Anggota DPRD Kaltim Minta Masyarakat Persiapkan Kebutuhan Pangan untuk IKN Nusantara

Divisi.id – Anggota DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid meminta peranan masyarakat menghadapi IKN Nusantara perlu ditingkatkan agar mampu bersaing dengan penduduk dari luar daerah nantinya.

“Menghadapi tantangan baru Kaltim sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tentu banyak sektor yang perlu diperhatikan, salah satunya kebutuhan pangan masyarakat,” sebut Ely, Rabu (1/11/2023).

Ia mengatakan, sekarang telah banyak kebutuhan pangan Kaltim masih bergantung pada luar daerah seperti Sulawesi Selatan dan Jawa. Namun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) selama ini menjadi penyangga kebutuhan pangan untuk kota Balikpapan, hal tersebut harus diakui karena sayur mayur produk Kukar memiliki kualitas baik.

“Kukar seharusnya bisa menyiapkan untuk proses pangan Kaltim, begitu juga dengan daerah lain yang memiliki potensi masing-masing untuk dikembangkan,” jelas dia.

Kemudian ada Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dan Kutai Barat (Kubar) memiliki hasil perkebunan yang berkualitas sehingga perlu dikembangkan melalui bantuan pemerintah.

“Potensi daerah harus bisa dilihat dan dikembangkan pemerintah agar kesiapan Kaltim menyambut IKN tidak terhambat dengan kebutuhan pangan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *