Disdikbud Mengadakan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Bagi Tenaga Laboratorium IPA Se-Kalimantan Timur

Divisi.id, Samarinda – Dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja yang mendukung kelancaran pelaksanaan praktikum siswa serta menciptakan tenaga kerja dan teknisi laboratorium yang terampil sesuai standar yang baik, Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur (Disdikbud Kaltim).

Dalam kegiatan ini Disdikbud Kaltim mengundang 60 peserta terdiri dari tenaga laboratorium IPA tingkat SMA, kemudian para peserta akan mengikuti pelatihan selama 5 hari, dimulai pada tanggal 31 Oktober hingga 5 November 2023, dilaksanakan di Hotel Ibis dan Mercure Samarinda.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Kurniawan.

Dalam sambutannya, ia mengingatkan bahwa tugas seorang guru tidak hanya terbatas pada mengajarkan pengetahuan akademik kepada siswa, tetapi juga penting untuk membentuk karakter siswa dan mencegah perilaku bullying di lingkungan sekolah.

“Dalam acara ini, saya ingin menekankan bahwa sangat penting bagi siswa tidak hanya memiliki kecerdasan akademik, tetapi juga kecerdasan karakter. Dengan demikian, kita dapat mencegah anak-anak dari pengalaman bullying atau perundungan, terutama di lingkungan sekolah,” ujar Kurniawan.

Kurniawan juga menambahkan bahwa meskipun banyak tantangan yang dihadapi di lapangan, ia yakin guru adalah individu yang hebat dan dapat mengatasi berbagai macam tantangan yang dihadapi.

“Saya yakin bahwa bapak dan ibu guru adalah orang-orang luar biasa yang mampu mengelola siswa. Yang terpenting adalah pembentukan karakter, di samping pencapaian prestasi akademik,” tambahnya.

Dalam laporan ketua panita yang disampaikan oleh Singgih Bayu Pratama, Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Laboran IPA tingkat SMA Provinsi Kalimantan Timur ini melibatkan narasumber dari berbagai kalangan, termasuk birokrasi dan akademisi yang berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, FKIP Universitas Mulawarman, dan FMIPA Universitas Mulawarman.

Adv/AZ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *