Tim Penilai Melakukan Penilaian Lapangan BUMDes di Desa Tepian Terap

Divisi.id – Tim Penilai Penilaian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023 melanjutkan tahapan penilaian lapangan dengan mengunjungi BUMDes Jiwata Energy di Desa Tepian Terap, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Rabu (01/10/2023).

Tujuan kunjungan ini adalah untuk mengamati langsung aktivitas BUMDes dan memastikan bahwa dokumen yang dikirim sesuai dengan realitas di lapangan.

“Kita ingin melihat langsung BUMDes Jiwata Energy yang bercita-cita menjadikan Desa Tepian Terap Desa Mandiri,” ujar Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat Sumber Daya Alam (SDA) dan Teknologi Tepat Guna, Elvis, Rabu (01/11/2023).

Kunjungan lapangan ini juga dilakukan untuk memverifikasi informasi yang terdapat dalam dokumen, termasuk Profil BUMDes, Inovasi BUMDes, dan dampak inovasi yang telah dilakukan. Selain itu, Tim Penilai juga melakukan kunjungan ke Mesin Turbin untuk memahami teknologi yang digunakan oleh BUMDes.

Hasil dari kunjungan lapangan ini akan menjadi acuan bagi Tim Penilai dalam menentukan BUMDes terbaik sesuai dengan kategori yang telah ditetapkan dalam penilaian.

Sebelumnya, tim telah melakukan penilaian BUMDes di Kabupaten Penajam Paser Utara, Paser, dan Kutai Kartanegara. Setelah kunjungan di Kutai Timur, penilaian akan dilanjutkan di BUMDes di Kabupaten Berau.

Selama kunjungan, Kepala Desa, Direktur BUMDes, dan pengurus BUMDes turut hadir, serta diwakili oleh perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Timur.

Tim Penilai yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari berbagai unsur, termasuk Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalimantan Timur dan DPMPD Kalimantan Timur.

Penilaian BUMDes memiliki tujuan untuk mendorong perkembangan ekonomi masyarakat desa dan meningkatkan kualitas hidup di wilayah Kalimantan Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *