Kecamatan Tenggarong Siapkan Lumbung Pangan dengan Memperbaiki Parit dan Saluran Irigasi

Divisi.id – Kecamatan Tenggarong di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan kecamatan yang siap menjadi lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang akan segera dibangun di Kalimantan. Kecamatan ini memiliki sektor pertanian yang menghasilkan berbagai produk pertanian dan hortikultura yang melimpah.

Untuk mempersiapkan lumbung pangan ini, Kecamatan Tenggarong terus memperbaiki parit dan saluran irigasi di beberapa kelurahan dan desa. Di antaranya adalah Maluhu, Bukit Biru, Loa Ipuh Darat, Jahab, Bendang Raya, dan Rapak Lambur.

Camat Tenggarong, Sukono, mengatakan, perbaikan ini menggunakan alokasi anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2023. Ia mengatakan, perbaikan ini bertujuan untuk memastikan pasokan air yang cukup dan lancar untuk lahan pertanian di Kecamatan Tenggarong.

“Saat ini kita fokuskan di beberapa kelurahan dan desa, seperti Maluhu, Bukit Biru, Loa Ipuh Darat, Jahab, Bendang Raya, dan Rapak Lambur,” kata Sukono saat dihubungi wartawan pada Selasa (31/10/2023).

Sukono berharap, dengan perbaikan parit dan saluran irigasi ini, lumbung pangan di Kecamatan Tenggarong dapat terwujud. Ia juga mengatakan, hal ini sesuai dengan arahan Bupati Kukar untuk mempersiapkan lumbung pangan.

“Karena pak Bupati juga sudah berpesan untuk mempersiapkan lumbung pangan,” ujar Sukono.

Selain di sektor pertanian, Sukono juga mengatakan, pihaknya juga memperbaiki saluran air di tengah pemukiman warga. Hal ini dilakukan untuk mencegah banjir ketika musim hujan tiba.

“Sekarang ini kan banyak sekali parit buntu. Akibat banyak sekali pembangunan-pembangunan di kelurahan dan RT, makanya ini kita lakukan perbaikan. Supaya fungsi paritnya ini bisa maksimal dalam mengalirkan air,” tutup Sukono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *