Dispora Kaltim Mengadakan Kegiatan Wirausaha Bagi Pemula Di Kabupaten Kutai Kartanegara

Divisi.id – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur terus mengajak para pemuda setempat untuk berperan aktif dalam berbagai aspek pembangunan daerah, termasuk dalam bidang olahraga, ekonomi, seni dan budaya, pendidikan, dan agama.

“Kami berusaha mendorong peran aktif pemuda dengan berbagai metode, salah satunya adalah melalui pemberdayaan melalui Karang Taruna yang ditingkatkan pada tahun ini,” ujar Agus.

Salah satu upaya lainnya dilakukan pada hari Sabtu, di mana Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur mengadakan Seminar Wirausaha Pemula di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Acara ini dihadiri oleh ratusan pemuda dan pemudi dengan tujuan memberi semangat kepada mereka untuk menjadi wirausaha pemula. Setelah seminar, mereka juga dievaluasi untuk mengidentifikasi minat dan bakat mereka yang dapat diarahkan ke dunia wirausaha.

Program pemberdayaan pemuda melalui Karang Taruna yang terus ditingkatkan dan upaya untuk memotivasi semangat wirausaha di kalangan pemuda bertujuan agar mereka dapat berkontribusi dalam berbagai sektor sesuai dengan minat dan bakat pribadi masing-masing.

“Disisi lain acara ini bertujuan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Kalimantan Timur. Saat ini, IPP berada pada peringkat ke-17 dan targetnya adalah mencapai peringkat tujuh besar nasional pada tahun 2024. Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur memiliki tanggung jawab untuk mendorong pemuda agar berperan aktif dalam pembangunan di berbagai sektor, dengan tujuan menciptakan generasi yang kompetitif dan mandiri,” lanjutnya.

Dalam upaya untuk meningkatkan IPP, terdapat beberapa indikator, seperti tingkat keaktifan dalam organisasi pemuda yang sesuai dengan norma dan peraturan yang berlaku di Kalimantan Timur.

Selain itu, pemuda juga diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam pengembangan pendidikan politik, memberikan kontribusi kepada masyarakat, menjaga lingkungan, serta menjadi pemimpin dan pelopor pemuda.

“Seminar wirausaha ini juga merupakan bagian dari Program Pemberdayaan Karang Taruna se-Kalimantan Timur Tahun 2023. Program ini mencakup serangkaian kegiatan pemberdayaan yang akan diselenggarakan secara serentak di 10 kabupaten/kota dari bulan Oktober hingga November 2023,” tutupnya.

Adv/az

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *