Dispora Kaltim Berikan Pelatihan Desain Grafis untuk Memperkuat Keterampilan Pemuda di Kota Bontang

Disivi.id – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) telah memberikan pelatihan keterampilan desain grafis kepada 60 pemuda di Kota Bontang.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan mereka keterampilan yang akan meningkatkan kemampuan hidup mereka dan membuat mereka lebih kompeten dalam berinteraksi dalam masyarakat.

Pelatihan yang berjudul “Desain Grafis” ini diselenggarakan oleh Dispora Kaltim di Ballroom Hotel Sintuk Bontang pada Senin, 9 Oktober 2023.

“Pelatihan ini digelar untuk mewujudkan misi Pemprov Kaltim ‘Berdaulat dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berakhlak Mulia dan Berdaya Saing, terutama Perempuan, Pemuda, dan Penyandang Disabilitas,” ungkap Agus.

Pelatihan ini semakin digencarkan dengan perkiraan datangnya jutaan warga baru ke Provinsi Kaltim mulai tahun 2024, terutama seiring dengan penetapan Provinsi Kaltim sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebagian wilayah IKN berada di Penajam Paser Utara dan sebagian lagi di wilayah Kutai Kartanegara.

Kota Bontang, sebagai daerah penyangga IKN, harus bersiap menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan kedatangan penduduk baru yang memiliki berbagai keahlian.

Oleh karena itu, pelatihan keterampilan hidup di Bontang bertujuan agar pemuda Kaltim, khususnya pemuda Bontang, dapat bersaing dengan warga lainnya, berkat keterampilan yang mereka peroleh melalui pelatihan ini.

Ahmad Aznem, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Bontang, yang membuka pelatihan ini, menjelaskan bahwa fokusnya adalah pada pembangunan, pemberdayaan, dan pengembangan pemuda.

“Pelatihan keterampilan hidup ini bertujuan untuk menciptakan pemuda Kaltim yang berdaulat, siap untuk menyongsong ibu kota negara baru, dengan mempersiapkan diri menghadapi persaingan yang semakin ketat,” kata Ahmad.

Ahmad Aznem juga menekankan pentingnya keseriusan peserta dalam menjalani pelatihan ini, karena kompetensi dan sertifikat akan menjadi aset berharga di dunia kerja dan industri.

Pemuda, sebagai generasi penerus bangsa dan masa depan negara, harus mempersiapkan diri melalui pelatihan keterampilan hidup.

Desain grafis adalah salah satu pilihan yang mereka bisa ambil untuk meningkatkan kapasitas mereka.

“Dengan mengingatkan peserta bahwa pelatihan ini merupakan kesempatan langka, dan mereka harus memanfaatkannya sebaik mungkin.

Pelatihan ini adalah langkah awal menuju masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing,” tutupnya.

adv/HR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *