Anggota DPRD Kaltim Mendorong Pelaku Usaha dan UMKM Beralih ke Marketplace

Divisi.id – Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Encik Wardani, menyoroti perubahan pola berbelanja masyarakat Kaltim yang beralih dari offline ke online sejak awal pandemi pada tahun 2020.

Ia mencatat bahwa kehadiran generasi milenial dan Z telah mempengaruhi cara masyarakat berbelanja, menjadikan belanja daring (online) sebagai pilihan utama.

Dalam konteks ini, Encik Wardani mendorong pelaku usaha dan pelaku UMKM di Kaltim untuk serius mempelajari dan mengaplikasikan penggunaan lokapasar atau marketplace.

Ia menekankan bahwa marketplace saat ini sangat populer di kalangan konsumen, terutama generasi muda, karena kemudahan dan kenyamanannya.

“Perlu ya karena sekarang sudah zaman generasi z dan milenial. Dunia online itu sudah jadi kewajiban UMKM agar mereka mempelajarinya, menguasainya. Sehingga bisa scale up tidak hanya jualan offline. Tak bisa kita pungkiri bahwa UMKM ini, salah satu penyangga dan penopang ekonomi di daerah sehingga perlu mengikuti zaman,” imbuh Encik Wardani.

Encik Wardani menekankan bahwa UMKM memiliki peran penting sebagai penyangga dan penopang ekonomi di daerah. Oleh karena itu, ia mendorong UMKM untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya dalam hal pemasaran online.

Marketplace dianggap sebagai alat bantu yang efektif untuk mempromosikan produk dengan biaya yang terjangkau.

Ia berharap bahwa dengan memanfaatkan marketplace, pelaku UMKM dapat meningkatkan kemajuan bisnis mereka dan secara positif berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *