Kepala BKPSDM Kukar, Rakhmadi Sebut Indeks ASN Kukar Tahun 2023 Capai 2,3 Persen

Divisi.id- Public expose atas hasil pengukuran Indeks Kompetensi Digital Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2023 dilakukan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Berdasarkan pengukuran tersebut, skor indeks ASN Kukar tahun 2023 mencapai 2,3 dari skala 4 dengan tingkat kemampuan digital cukup baik secara umum, tetapi masih ada ruang untuk peningkatan.

Pengukuran indeks tersebut dilakukan pada populasi ASN Kukar berjumlah sekitar 12.500 orang terdiri dari PNS dan PPPK dengan menggunakan framework Digcomp atau Digital Competence Framework for Citizens yang dikembangkan oleh European Commission

Melalui Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Rakhmadi mengungkapkan, pengukuran indeks ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik di lingkungan Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kami berharap, pondasi yang diletakkan dengan hasil IKD ini dapat menjadi titik tolak bersama untuk meningkatkan kompetensi digital ASN Kukar agar pelayanan publik meningkat secara kualitas dan kuantitas,” kata Rakhmadi.

Berdasarkan hasil tersebut, Rakhmadi menambahkan, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Kukar dapat diukur dan dikelola secara lebih mangkus dan sangkil.

“Tentunya dengan adanya peningkatan kepuasan publik akan terwujud peningkatan kepercayaan publik terhadap pelayanan pemerintahan,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur BKPSDM Kukar Rokip juga mengatakan bahwa Tenggarong Project diawali dengan adanya kebutuhan pemenuhan kewajiban pelatihan 20 jam pelajaran per tahun, namun dengan pemanfaatan dan optimalisasi teknologi informasi dan komunikasi. Itu karena Tenggarong Project adalah inisiatif peningkatan kompetensi digital ASN Kukar oleh BKPSDM Kukar dan Yayasan Rumah Inovasi Digital.

“Penyusunan Indeks Kompetensi Digital adalah tahapan pertama dari rangkaian aktivitas Tenggarong Project yang dilaksanakan BKPSDM Kukar dengan Yayasan Rumah Inovasi Digital,” ujarnya.

Tahapan berikutnya adalah penyusunan peta jalan pengembangan kompetensi digital, pengembangan manajemen talenta ASN Kukar, pembangunan digital creative hub, dan public participatory caucus. Inisiatif Tenggarong Project ini terbuka lebar bagi para pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dan berkolaborasi demi peningkatan kualitas pelayanan pemerintahan dan tingkat kepercayaan publik di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Wartawan: Sukirman
Editor: Rian Romidon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *