Dispora Kaltim Melakukan Kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan Karang Taruna Di Kabupaten Paser

Divisi.id – Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim), Bahri, mewakili Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kusuma, membuka sosialisasi pemberdayaan karang taruna di Hotel Kriyad Sadurangas, Kabupaten Paser.

Dalam kesempatan tersebut, Bahri menjelaskan bahwa pemberdayaan pemuda melalui karang taruna sangat penting dilakukan di Kaltim untuk memajukan kepemudaan. Salah satu tujuan pengaktifan kembali karang taruna adalah meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Kaltim.

“Salah satu alasan kenapa karang taruna ini diaktifkan kembali adalah untuk pemberdayaan semua pemuda di Kaltim dalam rangka upaya meningkatkan IPP di Kaltim,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Dispora dan Dinsos Provinsi Kalimantan Timur. Hal ini bertujuan agar karang taruna dapat diaktifkan kembali dengan sukses.

Bahri berharap hasil sosialisasi ini dapat mendorong pembentukan atau reaktivasi karang taruna di tingkat Kabupaten Paser dan Kecamatan dalam tahun 2023.

“Dari hasil kegiatan itu, peserta sosialisasi sepakat bahwa akan membentuk/mengaktifkan kembali karang taruna. Bagi yang habis masa kepengurusannya segera dibentuk pada bulan November 2023,” tambahnya.

Selain sosialisasi, Dispora Kaltim juga memberikan bantuan kepada karang taruna kabupaten dan kecamatan di Kabupaten Paser. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis melalui Dinas Sosial Kabupaten Paser dan akan didistribusikan kepada karang taruna tingkat kecamatan.

Sebelumnya, Dispora Kaltim merespon penurunan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Kaltim dengan upaya menggairahkan partisipasi pemuda dalam organisasi kepemudaan, salah satunya dengan mengaktifkan kembali peran karang taruna.

adv/Dispora Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *