Disdikbud Kaltim Menanggapi Edukasi Pemilih Pemula Yang Digagas Bawaslu

Divisi.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud Kaltim) merespons positif terhadap kegiatan edukasi pemilih pemula yang diinisiasi oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu Kaltim).

Kepala Bidang Pembinaan SMA, Jasniansyah, menyatakan bahwa hampir semua sekolah di Kaltim telah berkolaborasi dengan Bawaslu Kaltim untuk memberikan edukasi kepada pemilih pemula yang umumnya merupakan siswa SMA yang telah berusia 17 tahun.

“Sudah hampir semua sekolah di Kaltim ini berkolaborasi dengan Bawaslu Kaltim untuk melakukan edukasi ke pemilih pemula itu,” ungkapnya.

Meskipun kegiatan ini sepenuhnya dilakukan oleh Bawaslu Kaltim, Disdikbud Kaltim memberikan rekomendasi untuk penyelenggaraan edukasi terhadap pemilih pemula. Jasni menekankan pentingnya menjaga netralitas di satuan pendidikan, dan meskipun siswa diberikan edukasi sebagai pemilih pemula, guru yang berstatus PNS diimbau untuk terus menjaga netralitas dalam menghadapi tahun politik.

“Bentuk rekomendasi yang kami berikan ke Bawaslu itu berupa izin untuk mengadakan kegiatan tersebut,” jelasnya.
Disdikbud Kaltim juga menegaskan pentingnya menjaga proses kegiatan belajar-mengajar agar tidak terganggu selama kegiatan edukasi pemilih pemula berlangsung.

adv/Disdikbud Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *