Dispora Kaltim Lanjutkan Pemberdayaan Pemuda Hingga ke Desa dan Kelurahan

dok. Istimewa/Dispora Kaltim/divisi.id

Divisi.id – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) terus melanjutkan upaya pemberdayaan pemuda, khususnya dalam pengembangan Sentra Pemberdayaan Pemuda Desa/Kelurahan (SPPDK). Program ini merupakan inisiatif Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI untuk mendata dan memberdayakan pemuda hingga ke tingkat desa dan kelurahan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri, mengungkapkan bahwa mereka akan melakukan pembekalan SPPDK di Kutai Kartanegara (Kukar). Program ini dimulai dengan pendataan pemuda, termasuk sensus pemuda, pembuatan data spasial desa/kelurahan, dan melibatkan akademisi dari IPB Bogor sebagai mitra Kemenpora.

“Dalam waktu dekat ini, tepatnya tanggal 13/11/2023, kami akan melakukan pembekalan Sentra Pemberdayaan Pemuda Desa/Kelurahan (SPPDK) di Kutai Kartanegara (Kukar),” ungkap Bahri.

Ia menegaskan bahwa, pendataan ini juga melibatkan pemuda setempat untuk melakukan pengumpulan data, dan mereka akan diberikan pembekalan terkait tugas tersebut. Data yang terkumpul akan menjadi dasar untuk pengembangan kebijakan lebih lanjut, termasuk klaster pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pemuda setempat.

“SPPDK ini akan memberikan data yang sangat berguna terkait pemuda di desa/kelurahan, seperti jumlah pemuda, status pendidikan, pekerjaan, serta aktifitas lainnya. Data ini menjadi dasar penting dalam pengambilan kebijakan, termasuk pelatihan kewirausahaan pemuda,” jelas Bahri.

Dengan melibatkan pemuda secara langsung dalam proses pemberdayaan dan pendataan, Dispora Kaltim berharap dapat menciptakan program-program yang lebih relevan dan mendukung perkembangan pemuda di tingkat lokal.

adv/Dispora Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *