Fasyankes Balikpapan Meriahkan HKN ke-59 dengan Spanduk dan Acara Spektakuler

Divisi.id – Fasilitas-fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) di Kota Balikpapan ikut ambil bagian dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dengan memasang spanduk peringatan di beberapa lokasi.

Sejumlah lokasi pembentangan spanduk diantaranya, Puskesmas Baru Ulu, Puskesmas Margo Mulyo di Gunung IV, Balikpapan Barat, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Klandasan Ilir, UPTD Puskesmas Telaga Sari dan sejumlah tempat lainnya.

Ketua Panitia HKN ke-59 Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Ahmad Jais, menjelaskan bahwa persiapan puncak perayaan HKN telah matang dan akan dipusatkan di Gedung Kesenian Kota Balikpapan, Minggu (12/11/2023) mendatang.

“Nah kami di daerah juga mengikuti tema tersebut. Yakni Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju, Balikpapan Sehat 2023,” ucap Ahmad Jais.

Ia menyampaikan bahwa rangkaian perayaan HKN ke-59 mencakup berbagai lomba menarik untuk tenaga kesehatan dan institusi pendidikan kesehatan.

Puncak acara akan dirangkai dengan peluncuran vaksinasi Demam Berdarah Dengue (DBD) oleh Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik,

“Ini jadi bagian upaya dan ikhtiar kami, barangkali di tempat lain belum ada secara massal dilakukan vaksinasi DBD. Dalam rangka menurunkan kesakitan dan angka kematian karena DBD,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa ada acara peluncuran deteksi dini kanker cerviks menggunakan urine, yang dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud.

Panitia juga menyiapkan berbagai kegiatan seperti senam sehat bersama, sosialisasi dan edukasi melalui Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), serta lomba-lomba hiburan seperti tarik tambang dan lomba mewarnai untuk anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *