Muhammad Samsun Ikut Menanam Padi bersama Masyarakat Loa Duri Ilir

Divisi.id – Muhammad Samsun, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim), berpartisipasi dalam kegiatan menanam padi (nugal) bersama masyarakat Dusun Putak, Desa Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (11/11/2023).

“Luar biasanya petani di Desa Loa Duri Ilir masih menjalankan tradisi dalam menanam padi, saya mengikuti nugal padi yang tidak biasa, ditanam di lereng gunung yang terjal. Saya tak bisa berkata apa-apa lagi, petani di Loa Duri Ilir patut mendapat 4 jempol, desa lain bisa mengadopsi hal ini, karena tak hanya sisi ketahanan pangan, melainkan melestarikan adat dan budaya serta bisa menjadi magnet wisata Kukar,” ujarnya.

Muhammad Samsun mengekspresikan kagumnya saat mengetahui bahwa masyarakat masih mempertahankan warisan budaya yang telah menjadi bagian dari identitas mereka. Ia juga menyatakan dukungannya terhadap kegiatan nugal padi sebagai bentuk gotong royong dan tradisi budaya. Menurutnya, falsafah Pancasila yang mencakup gotong royong sangat relevan dalam konteks ini.

Legislator dari PDIP tersebut juga memberikan penghargaan kepada para petani, menyebut mereka sebagai pahlawan karena jasanya dalam menyediakan makanan bagi seluruh rakyat Indonesia. Ia menekankan pentingnya melestarikan tradisi nugal padi sebagai bagian dari warisan leluhur dan ciri khas masyarakat adat.

“Memang petani sangat luar biasa karena dengan jasa mereka kita rakyat Indonesia bisa makan. Bayangkan kalau tidak ada jasa-jasa mereka ini, kita mau makan apa?” jelasnya.

Muhammad Samsun menutup pernyataannya dengan mengucapkan selamat melaksanakan nugal kepada masyarakat adat atau petani tradisional di mana pun berada, dan mengajak untuk tetap melestarikan peninggalan leluhur mereka.