Pertama di Indonesia, Dinkes Balikpapan Luncurkan Program Deteksi Kanker Serviks dan Vaksin DBD

Divisi.id – Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik bersama Penjabat Ketua TP PKK Kaltim, Yulia Zubir menghadiri Silaturahmi Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 Tahun 2023 yang diadakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan.

Acara tersebut dirangkai bersama peluncuran Program Deteksi Dini Kanker Serviks melalui pemeriksaan urine dengan metode PCR HPV-DNA, serta peluncuran Program Vaksin DBD.

Akmal, mengungkapkan peluncuran kedua program tersebut merupakan terobosan pertama di Indonesia.

“Pelaksanaan kegiatan vaksinasi DBD itu hampir belum pernah dilakukan dan pertama kali dilakukan di Indonesia dan disponsori oleh PT Takeda. Dan terima kasih sudah memberikan sponsor, dibantu Dinkes Kaltim,” ucap Akmal Malik di Gedung Kesenian Balikpapan, Minggu (12/11/2023).

Launching vaksinasi DBD di Kota Balikpapan mencatat sejarah sebagai yang pertama dilakukan di Indonesia.

Akmal Malik memuji peran Wali Kota Balikpapan dan inovasinya yang terus menjadikan Balikpapan sebagai pelopor.

Inovasi kedua yang diapresiasi adalah deteksi dini kanker serviks dengan menggunakan pemeriksaan urine, yang juga pertama kali dilakukan di Indonesia.

“Ini juga pertama kali dilakukan di Indonesia dan sekali lagi dilakukan di Balikpapan,” ujarnya.

Akmal menambahkan bahwa transformasi kesehatan menjadi langkah strategis dalam membangun fondasi yang kuat bagi kemajuan bangsa.

Transformasi tersebut melibatkan penyembuhan penyakit, pencegahan, promosi kesehatan, dan peningkatan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan berkualitas.

“Dalam menghadapi tantangan zaman, kita tidak bisa mengabaikan pentingnya peran kesehatan dalam Pembangunan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, Kepala Dinkes Provinsi Kaltim H Jaya Maulimin, dan Kepala Dinkes Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, serta sejumlah undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *