Gelar Webiner, Nina Dewi Ungkap Pentingnya Belajar Manajemen Stakeholder

Divisi.id- Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Nina Dewi mengungkapkan pentingnya manajemen stakeholder dalam menjalankan pemerintahan yang berkelanjutan.

Pernyataan ini disampaikan saat memberikan sambutan dalam acara webinar dengan tema “Stakeholder Management untuk Pembangunan yang Berkelanjutan” yang diselenggarakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Selasa (14/11/2023).

Dalam sambutannya, Nina Dewi menyampaikan bahwa manajemen stakeholder merupakan pondasi yang vital dalam setiap langkah pembangunan. BPSDM sangat membutuhkan dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan sektor lainnya untuk mencapai keberhasilan dalam tahapan pembangunan daerah.

“Stakeholder management memiliki peran penting dalam mengelola visi bersama, mengelola harapan, dan memastikan keberlanjutan tahapan pembangunan,” katanya.

Untuk itu, perlu keterlibatan dan koordinasi antara stakeholder yang terlibat, potensi perbedaan dan konflik dapat disatukan. Komunikasi yang efektif dan transparansi dalam memberikan informasi kepada stakeholder dapat membangun kepercayaan dan meminimalisir konflik, sehingga pembangunan dapat berjalan dengan berkelanjutan dalam jangka panjang.

“Dalam upaya menjalankan pembangunan daerah yang berkelanjutan, penting untuk memperhatikan kebutuhan, aspirasi, dan kepentingan dari setiap stakeholder. Hal ini mencerminkan inklusi dan kolaborasi yang langsung terlibat dalam proses pembangunan,” tandasnya.

Wartawan: Sukirman
Editor: Rian Romidon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *