Ely Hartati Dorong Inklusi Tenaga Kerja Lokal dalam Pembangunan IKN

Divisi.id -Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Ely Hartati, mengungkapkan kritik terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim, menyatakan bahwa proyek tersebut belum maksimal dalam memanfaatkan tenaga kerja lokal. Hartati meminta pihak Otorita untuk memberikan prioritas pada pemberdayaan pekerja lokal dalam konteks mega proyek ini.

“Pembangunan IKN saat ini terlihat kurang melibatkan tenaga kerja lokal, sehingga kami sangat mengharapkan peran aktif pemerintah untuk mendorong Otorita mengutamakan aspek ini,” ujar Ely Hartati.

Ia menekankan urgensi proyek IKN memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya melalui penyerapan tenaga kerja lokal.

Sebagai anggota legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hartati mendorong Pemerintah Provinsi Kaltim untuk menyelenggarakan pelatihan khusus bagi generasi muda agar dapat bersaing di pasar kerja IKN. Dia juga mengusulkan agar Pemerintah Provinsi mengambil inisiatif dalam pengembangan keterampilan generasi muda sesuai dengan kebutuhan proyek IKN.

“Kalau perlu, saya meminta generasi muda di Kaltim dilatih dan dipersiapkan untuk bekerja di IKN sesuai dengan standar yang dibutuhkan,” katanya.

Hartati juga berharap agar Pemerintah Provinsi dapat merumuskan regulasi khusus terkait keterlibatan pengusaha lokal dalam proyek IKN. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan partisipasi dan dampak ekonomi yang lebih rinci dari pelibatan pengusaha lokal.

“Kita perlu bersama-sama berkontribusi dan melihat hasil yang konkret, sehingga tidak akan ada lagi kritik terhadap tenaga kerja di wilayah ini,”¬†tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *