Strategi Desa Tanjung Batu Kukar Ubah Status Jadi Desa Mandiri

Diskominfo Kukar174 Dilihat

Divisi.id – Desa Tanjung Batu merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Desa ini telah mencapai status Mandiri. Untuk mencapai status Mandiri, Desa Tanjung Batu menghadapi sejumlah tantangan dalam pembangunan infrastruktur dan pengembangan desa.

Kepala Desa Tanjung Batu, Husniansyah, menjelaskan bahwa berbagai program Kukar Idaman telah membantu mengatasi masalah-masalah ini.

Salah satu upaya yang pihaknya lakukan ialah pengembangan sumber daya manusia (SDM) di desa. Mulai dari pelatihan kewirausahaan dan pengembangan ketahanan pangan.

“Selain itu, infrastruktur desa, seperti konektivitas jalan, juga telah ditingkatkan,” ungkapnya.

Husniansyah menegaskan pentingnya perhatian dari pemerintah daerah dalam pengembangan infrastruktur, terutama dalam meningkatkan aksesibilitas jalan yang dapat mendukung potensi wisata di Desa Tanjung Batu.

Apalagi, Desa Tanjung Batu juga telah ditetapkan sebagai lokus pengembangan kawasan cadangan pangan strategis nasional.

Pengembangan kawasan cadangan pangan strategis nasional di Desa Tanjung Batu tersebut dikelola langsung oleh masyarakat.

Dengan berkolaborasi bersama TNI melalui Kodim 0906/KKR, Pemkab Kukar, Pemerintah Desa Tanjung Batu, serta dukungan dari pelaku dunia usaha yang ada di Tenggarong Seberang.

Untuk memaksimalkan potensi pertanian di desa tersebut, setidaknya ada 460 hektare yang menjadi kawasan pengembangan cadangan pangan nasional.

Ratusan hektare lahan tersebut tak hanya menjadi persawahan padi. Ada pula tanaman hortikultura seperti cabai dan budidaya perikanan di kawasan itu.

*Caption: Desa Tanjung Batu merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *