Dinkes Kaltim Terapkan Target Kurangi Sepertiga Kematian Dini Akibat PTM Tahun 2030

Divisi.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki target mengurangi sepertiga angka kematian dini akibat penyakit tidak menular (PTM) pada tahun 2030, sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDG’s).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Jaya Mualimin, terdapat empat penyakit utama yang menyumbang 60 persen kematian di wilayah tersebut adalah penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

“Untuk mencegah PTM, kita harus mengendalikan empat faktor risiko bersama yang dapat mencegah PTM sampai 80 persen, yaitu diet tidak sehat, kurang aktivitas fisik, merokok, dan mengkonsumsi alkohol,” ujar Jaya.

Pemprov Kaltim saat ini telah melakukan upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hidup sehat, menyediakan akses layanan kesehatan berkualitas, dan menerapkan kebijakan mendukung gaya hidup sehat.

“Upaya-upaya ini perlu terus dilakukan secara berkesinambungan agar target penurunan kematian dini akibat PTM dapat tercapai,” bebernya.

Jaya menekankan pada masyarakat untuk aktif berperan dalam mencegah PTM dengan menerapkan pola hidup sehat, serta menyampaikan panggilan bersama untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *