Komisi IV DPRD Kaltim dan Disdikbud Kaltim Bahas Alokasi Anggaran Pendidikan Tahun 2024

Divisi.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim melalui Komisi IV, bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantgan Timur (Kaltim), tengah merumuskan program-program terkait alokasi anggaran pendidikan tahun 2024.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub, mengungkapkan bahwa tujuan utama diskusi ini adalah untuk memastikan penggunaan alokasi anggaran dari Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2024, yang mencapai sekitar Rp20,6 triliun, saat ini dalam tahap perancangan, dapat dioptimalkan dengan tepat. Sementara Disdikbud Kaltim berkeinginan untuk mendapatkan alokasi anggaran pendidikan sebesar Rp4,1 triliun dari total anggaran tersebut.

“Prioritas utama kami adalah perbaikan fasilitas pendidikan, terutama dalam pembaruan peralatan praktik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), termasuk rencana pembangunan laboratorium dan bengkel. Total alokasi anggaran yang dialokasikan kepada Disdikbud mencapai sekitar 4,1 triliun rupiah dari total RAPBD,” ungkap Rusman.

Rusman menambahkan bahwa beberapa proyek besar, seperti pembangunan sekolah dan gedung baru, akan memerlukan anggaran puluhan miliar rupiah. Semua proyek ini bertujuan mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui fasilitas yang modern.

“Perkembangan sekolah di berbagai wilayah Kalimantan Timur menjadi fokus utama kami. Namun, tidak hanya pada peningkatan infrastruktur fisik, melainkan juga pada peningkatan kapasitas siswa, khususnya di SMK, dan pengembangan guru,” lanjutnya.

Rusman juga menegaskan bahwa sejak pertengahan tahun 2023, telah terjadi peningkatan kompetensi pada 1000 guru asesor, baik yang masa jabatannya berakhir maupun yang baru bergabung. Hal ini menunjukkan komitmen mereka untuk terus meningkatkan standar pendidikan di Kaltim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *