Dishub Kaltim Melakukan Ramp Check untuk Keamanan Perjalanan Selama Liburan

Divis.id – Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur (Dishub Kaltim) secara rutin mengadakan inspeksi keselamatan atau Ramp Check pada kendaraan angkutan umum, angkutan sewa khusus, dan angkutan barang umum setiap tahunnya.

Kepala Dishub Kaltim, Yudha Pranoto, menjelaskan bahwa pemeriksaan ini dilakukan secara berkala, terutama menjelang libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri dan libur Natal. Beberapa titik fokus untuk Ramp Check di Samarinda meliputi Terminal Sungai Kunjang dan Terminal Lempake.

“Kami melakukan Ramp Check untuk memastikan kesiapan kendaraan umum, sehingga para pemudik merasa aman dan nyaman selama arus mudik maupun arus balik,” ungkap Yudha.

Proses Ramp Check melibatkan pemeriksaan unsur administrasi seperti Buku Uji, Kartu Pengawasan Izin Operasional, SIM, dan STNK. Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan teknis utama yang mencakup sistem penerangan, pengereman, kaca depan, ban, dan sabuk keselamatan.

“Selain itu, kami juga memeriksa unsur teknis penunjang seperti pengukur kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, serta perlengkapan kendaraan dan tanggap darurat,” tambahnya.

Tindakan ini bertujuan untuk memastikan bahwa kendaraan angkutan umum dalam kondisi terbaik, memenuhi standar keselamatan, dan siap memberikan layanan yang memuaskan kepada masyarakat. Melalui Ramp Check ini, diharapkan perjalanan selama libur Lebaran dan Natal dapat berlangsung dengan aman, nyaman, dan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *