Dishub Kaltim Rutin Melakukan Inspeksi Keselamatan Angkutan Sungai

Divisi.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Timur secara rutin melaksanakan inspeksi keselamatan terhadap armada angkutan sungai dan danau yang menghubungkan berbagai kabupaten dan kota di Kaltim.

Kegiatan pengecekan ini biasanya dilakukan di Dermaga Mahakam Hulu atau Dermaga Sungai Kunjang, Samarinda, Kalimantan Timur.

Ahmad Maslihuddin, Kepala Bidang Pelayaran Dishub Kaltim, menjelaskan bahwa inspeksi keselamatan dilaksanakan secara rutin setiap tahun, terutama menjelang hari raya seperti Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Fokus utamanya adalah pada kapal motor (KM) yang melayani rute Melak, Muara Pahu, dan Long Bagun, Kutai Barat.

“Rampcheck (inspeksi keselamatan) adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun menjelang masa angkutan padat seperti Lebaran, Natal, dan Tahun Baru,” ungkap Maslihuddin.

Ia menegaskan bahwa jumlah penumpang kapal lintas sungai di Kaltim cenderung meningkat menjelang Natal dan Tahun Baru, sehingga penting untuk melakukan kontrol dan pemeriksaan guna memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

“Kapasitas angkut kapal diisi hingga maksimal dengan penumpang, kendaraan, dan barang bawaan penumpang,” tambahnya.

Setiap hari, tiga kapal berangkat dari Dermaga Mahakam Hulu Sungai Kunjang menuju Melak, Muara Pahu, dan Long Bagun. Inspeksi keselamatan dilakukan untuk memastikan bahwa kapal memenuhi persyaratan administratif, dokumen kapal terpenuhi, kondisi teknis fisik kapal dalam keadaan baik, dan penumpang dapat diangkut dengan aman tanpa kelebihan muatan.

“Inspeksi ini merupakan langkah preventif untuk memastikan kapal layak berlayar, baik dari segi administratif maupun teknis fisik kapal, sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *