Dispora Kaltim Merangkul dan Mengajak Pemuda untuk Berorganisasi

Divisi.id – Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) menggelar pemilihan Pemuda Terbaik tingkat provinsi pada tahun 2023 sebagai bagian dari upaya membangun generasi unggul dan berintegritas di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, Agus Hari Kesuma menyatakan bahwa pemilihan Pemuda Terbaik ini adalah bagian dari amanat pemerintah provinsi untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di daerah tersebut.

“Kami menekankan ancaman narkoba sebagai musuh utama bangsa ini, dan kami mengajak generasi muda untuk menjadi pionir dalam memberantas peredaran narkoba,” ujarnya.

Ia mendorong peserta yang mungkin terpilih sebagai duta narkoba untuk memahami secara mendalam persoalan narkoba, sehingga mereka dapat menjadi motor penggerak dalam gerakan melawan narkoba, terutama di kalangan komunitas generasi muda di Kaltim.

Untuk peserta dengan kategori “Kreator Konten (Pemuda Anti Hoaks)”, ia berharap mereka memiliki pemahaman yang kuat terkait undang-undang informasi dan teknologi.

“Karena mereka akan menjadi duta pemuda Kaltim dalam memerangi hoaks atau berita bohong,” tambahnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri, menjelaskan beberapa kategori yang dilombakan, termasuk Konten Kreator (Pemuda Anti Hoaks), Pemuda Karang Taruna, Pemuda Kesadaran Bela Negara, dan Pemuda Anti Narkoba.

Ia menyoroti pentingnya kegiatan ini sebagai kesempatan bagi pemuda Kaltim untuk berperan di bidang masing-masing.

“Harapannya, para peserta bisa menjadi pemuda terbaik, mendukung pembangunan kepemudaan di Kalimantan Timur,” ucapnya.

Bahri berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya untuk memberikan wadah bagi pemuda yang kreatif dan berbakat di bidang masing-masing.

“Total peserta kegiatan ini berjumlah 52 orang, mereka berasal dari pemuda yang tinggal atau memiliki domisili di Kaltim,” jelasnya.

Selain hadiah berupa uang bagi para pemenang terbaik, katanya, setiap kategori akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan studi tiru ke Provinsi Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *