DPMPD Kaltim Dukung Program Literasi Desa untuk Membangun SDM Unggul

Divisi.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim memberikan dukungan penuh kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) dalam menjalankan program Literasi Desa, dengan harapan dapat membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki daya saing tinggi.

“Selama ini, kami sering menyoroti pentingnya literasi masyarakat desa. Banyak desa di Kaltim yang perlu mendapatkan buku-buku untuk meningkatkan minat baca mereka,” harap Eka Kurniati.

Menurut Eka, desa merupakan elemen kunci dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat. Desa juga berperan sebagai sumber data dan informasi yang mendukung penetapan kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, pembangunan desa yang efisien, transparan, dan akuntabel memerlukan peran desa yang bijaksana dan partisipasi masyarakat yang tinggi.

Eka menekankan bahwa perpustakaan Kaltim menjadi ruang publik yang penting untuk pengalaman belajar kontekstual dan pengembangan keterampilan.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui dinas terkait telah berkomitmen untuk menciptakan masyarakat sejahtera melalui transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial,” tambahnya.

Dukungan DPMPD Kaltim terhadap program Literasi Desa menegaskan komitmen mereka untuk memperkuat pendidikan dan pengetahuan di tingkat desa, menciptakan masyarakat yang lebih terampil dan terdidik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah Kaltim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *