Bawaslu Kaltim Ungkap Kasus Pelanggaran Pemilu Terbanyak di Balikpapan

Daerah, Politik244 Dilihat

Divisi.id – Bawaslu Kaltim pada pekan keenam tahapan Kampanye Pemilu, sedang melakukan penelusuran atas lima kasus dugaan pelanggaran Pemilu.

Diketahui ada lima kasus yang tengah dalam penelusuran dan proses, tetapi terbanyak di balikpapan.

Beberapa di antaranya, Bawaslu Kota Bontang menyelidiki dugaan tindak pidana Pemilu terkait pembagian materi lainnya.

Kemudian, Bawaslu Kota Balikpapan juga tengah menindaklanjuti temuan pelanggaran pembagian minyak goreng, dengan hasil penerusan kepada Polresta Balikpapan untuk penyidikan.

Anggota Bawaslu Kaltim, Daini Rakhmat, menyebutkan dalam keterangan tertulisnya bahwa Bawaslu Kota Balikpapan sedang menangani dugaan memberikan uang atau materi lainnya melalui e-money.

“Bawaslu Kota Balikpapan melakukan proses penanganan pelanggaran terhadap satu temuan dugaan memberikan atau menjanjikan uang atau materi lainnya berupa e-money, pada pekan ini dalam proses penyusunan kajian,” ujar Daini Rakhmat.

Selain itu, terdapat penanganan pelanggaran kode etik oleh Bawaslu Kota Balikpapan dan penanganan pelanggaran penggunaan fasilitas pemerintah dalam kegiatan kampanye oleh Bawaslu Kabupaten Kutai Timur, keduanya juga dalam tahap penyusunan kajian.

Sebagai infomasi, secara keseluruhan, sejak 28 November 2023 hingga 08 Januari 2024, tercatat total 2.448 kampanye tatap muka, pertemuan terbatas, dan kegiatan lainnya oleh Partai Politik Peserta Pemilu, 33 kampanye DPD, dan 14 kampanye Presiden dan Calon Wakil Presiden di Kalimantan Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *