Mengatasi Pengangguran: Pemerintah Kecamatan Muara Wis Luncurkan Program Pelatihan Berbasis Keahlian

Divisi.id – Pemerintah Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengambil langkah strategis untuk mengatasi atau mengurangi angka pengangguran masyarakat didaerahnya dengan meluncurkan program pelatihan yang berbasih keahlian.

Camat Fadhli Annur menegaskan bahwa program ini selain mengurangi angka pengangguran juga bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi pemuda Kecamatan Muara Wis. Menurutnya peran pemuda sangat penting dalam membangun daerahnya.

“Inisiatif ini bertujuan memperkuat peran pemuda dalam pembangunan daerah,” ungkapnya.

Fadhli menjelaskan bahwa program pelatihan ini didukung sepenuhnya oleh Kecamatan Muara Wis dan pemerintah desa, yang telah menyediakan anggaran untuk mengirim peserta ke pusat pelatihan di Samarinda.

“Kami telah menyiapkan sistem pengelolaan yang efisien, dan desa-desa telah berkomitmen untuk mendukung inisiatif ini,” kata Fadhli.

Pelatihan yang ditawarkan mencakup berbagai bidang, seperti penjahitan, mengemudi, sortir, servis, dan kegiatan usaha perikanan, dengan dukungan finansial dari pemerintah desa. Meskipun menghadapi tantangan, terutama dalam pemasaran hasil pelatihan, Fadhli tetap optimis.

“Kami memiliki SDM yang terampil dalam pengelolaan dan produksi, tetapi kami harus memperkuat strategi pemasaran kami,” tuturnya.

Pemerintah daerah berkomitmen untuk terus mendukung dan mengawasi pengembangan sumber daya manusia, menegaskan komitmennya untuk mengatasi masalah pengangguran di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *