Saefuddin Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Hukum

Divisi.id– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), H. Saefuddin Zuhri, SE.,MM terus siarkan kepada masyarakat bahwa pentingnya kesadaran tentang hukum. Hal tersebut dilihat saat dirinya kembali laksanakan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Peperda) ke-6 tahun 2024 tentang Peraturan Daerah Provinsi Kaltim Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum. Kegiatan itu diselenggarakan di Jl. Otto Iskandar Dinata (ex. Tenggiri) Gg 12 RT 13/14 No 45 Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda pada Minggu, 9 Juni 2024 Pukul 16.00 Wita sampai selesai.

Dalam sambutannya, Saefuddin Zuhri mengatakan bahwa perda ini merupakan hasil dari pemikiran antara Legislatif maupun Eksekutif, sehingga menghasilkan perda yang berguna bagi masyarakat kaltim terlebih bagi ekonominya yang kurang mampu.

“Tentu, salah satu tugas kami sebagai anggota DPRD yaitu mensosialisasikan Perda yang telah dihasilkan oleh pemerintah, agar masyarakat bisa mengetahui adanya bantuan hukum yang diberikan oleh pemerintah secara gratis kepada masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, Saefuddin berharap agar masyarakat mengetahui dan paham bahwa perda yang dihasilkan ini adalah sifatnya positif. Misalnya dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari hukum.

“Kalau dia tidak mengetahui mana yang mengakibatkan hukum, baik itu pidana, perdata maupun yang lainnya kan repot. Makanya masyarakat itu harus melek terhadap hukum,” terangnya.

Selain itu, Dirinya berharap agar perda ini dapat dimanfaatkan dengan baik terlebih bagi warga berekonomi rendah, supaya masyarakat bisa menerima bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah.

“Pastinya kita sebagai masyarakat harus memanfaatkannya, karena perda ini kan bagi orang yang tidak mampu tapi kalo orang yang mampu kan pasti punya lawyer punya apa-apa sesuai dengan kebutuhan mereka. Tapi, perda ini kan diutamakan untuk orang yang tidak mampu, jadi perda ini harus dimanfaatkan oleh orang yang benar-benar tidak mampu,” tandasnya.

Diketahui, dalam acara sosialisasi ini, Saefuddin Zuhri di dampingi oleh dua narasumber dari bidang hukum yakni Raja Ivan Haryono Sihombing, SH dan Untung Sucipto, SH. Kegiatan tersebut di pandu oleh Allgiant O’neill Feltony Asywal serta dihadiri oleh warga setempat sehingga berjalan dengan lancar.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *