160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
Iklan

P2LH-SDA Unmul kerjasama dengan Pusdiklat SDM LHK guna siapkan SDM Kaltim melalui pelatihan dasar AMDAL

Caption : P2LH-SDA Unmul kerjasama dengan Pusdiklat SDM LHK
750 x 100 AD PLACEMENT

Divisi.id – Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (P2LH-SDA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Mulawarman bekerjasama dengan Pusat Pendidikan Latihan Sumber Daya Manusia Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Pusdiklat SDM LHK) menggelar kegiatan Pelatihan Dasar Analisis Mengenal Dampak Lingkungan (AMDAL) angkatan 1 tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung selama lima hari jam kerja dan dimulai dari tanggal 7 – 11 Oktober 2024 yang berlangsung di Gedung P2LH-SDA di kawasan kampus Universitas Mulawarman. 

Diketahui, Pada pelatihan AMDAL angkatan pertama tahun 2024 ini diikuti oleh 30 peserta, terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hingga DLH Kabupaten-Kota se-Kaltim, Perusahaan, Konsultan, dan juga dari unsur akademisi serta dari unsur lainnya yang bergerak di bidang Lingkungan. 

Kepala P2LH-SDA Unmul, Dr. Ir. Samsul Rizal, S.Pi., M.Si., IPM, menjelaskan bahwa pelatihan dasar AMDAL merupakan pelatihan yang resmi dan sertifikatnya di akui oleh Negara, karena semua alumni P2LH-SDA secara otomatis akan terkoneksi dengan sistem pendidikan KLHK dan masing-masing peserta akan mendapatkan akun tersebut.

“Tujuannya pelatihan ini supaya dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), menciptakan dan menyiapkan tenaga-tenaga terampil dan ahli. Pelatihan ini sudah mengikuti standar yang sudah di tetapkan berdasarkan kurikulum Pusdiklat SDM Klhk,” ucap Rizal. Senin, 07/10/2024.

Selain pelatihan di bidang AMDAL, Rizal juga berencana untuk kedepannya PPLH-SDA Unmul dibawah kepemimpinannya akan dijadikan sebagai pusat penelitian yang mandiri di pulau Kalimantan. 

“Sesuai persyaratan yang ditentukan oleh Pusdiklat Klhk, P2LH-SDA Unmul harus melakukan Training 2 hingga 3 kali sebelum P2LH-SDA terakreditasi supaya dapat di akui langsung oleh Kementerian untuk mengadakan pelatihan secara mandiri,” jelasnya.

Pun, Rizal juga mengatakan bahwa Pelatihan AMDAL tersebut tidak hanya mengadakan pelatihan dasar-dasar AMDAL nya saja, namun pihaknya akan memberikan pelatihan penyusunan AMDAL dan pelatihan penilaian AMDAL hingga pelatihan auditor. 

“Kedepannya kami akan melakukan pelatihan lanjutan, mulai dari pelatihan penyusunan, penilaian hingga pelatihan auditor, dan juga kegiatan-kegiatan lainnya,” tutupnya. 

Sementara, Rektor Unmul, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si.,IPU.,ASEAN Eng usai membuka secara resmi kegiatan pelatihan AMDAL tersebut mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya gagasan kegiatan pelatihan dasar-dasar AMDAL yang di laksanakan oleh P2LH-SDA Unmul.

“Kegiatan ini tentu menjadi sebuah kegiatan yang sangat penting dalam rangka untuk menyiapkan SDM Kaltim di bidang Lingkungan,” ucap Abdunnur saat diwawancarai oleh tim media.

Menurutnya, dengan hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim maka SDM Kaltim harus punya kompetensi yang mampu menilai dan menjaga lingkungan dengan konsep Forescity, Grand City IKN.

“Sebagai seseorang yang respect terhadap lingkungan tentu bagaimana agar bisa menjaga ekosistem lingkungan IKN ini tetap berada pada konsep yang mendukung dalam tatanan lingkungan hidup,” Imbuhnya.

Lebih lanjut, Abdunnur mengatakan bahwa P2LH-SDA hari ini menyiapkan SDM yang berkompetensi, profesional di dalam pengelolaan, penilaian dan menyusun AMDAL.

“Kita berharap Unmul tidak hanya menghasilkan SDM yang berkualitas tetapi juga harus memiliki kompetensi dan profesional sesuai dengan bidangnya,” harapnya.

Untuk sekedar informasi bahwa P2LH-SDA Unmul telah membuka kembali peluang pelatihan dasar-dasar AMDAL angkatan ke-2 yang akan berlangsung pada tanggal 18 hingga 22 November 2024 mendatang.
Kegiatan itu akan bertempat di gedung P2LH-SDA Unmul dan dilaksanakan secara offline.

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga
930 x 180 AD PLACEMENT