Divisi.id – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim baru-baru ini meresmikan Gedung Layanan Tenaga Kerja pada 18 Agustus 2023.
Peresmian Gedung Layanan Tenaga Kerja dilakukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan memberikan kemudahan akses informasi lowongan kerja kepada masyarakat.
Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Samarinda, Rozani Erawadi, menjelaskan bahwa gedung tersebut sebelumnya telah berfungsi sebagai pusat informasi lowongan kerja sebelum terpaksa dihentikan selama pandemi Covid-19.
Sekarang, setelah pandemi berakhir, gedung tersebut kembali dioperasikan sebagai langkah awal untuk meningkatkan kualitas ketenagakerjaan di Kaltim dan mempermudah akses masyarakat terhadap informasi lowongan kerja.
“Gedung dimaksud sudah ada dan diaktifkan kembali pasca pandemi global Covid-19,” ungkapnya.
Selain meningkatkan mutu ketenagakerjaan, Rozani menegaskan bahwa pihaknya akan berfokus pada peningkatan jumlah pelayanan, termasuk penempatan, peningkatan produktivitas, dan pelatihan tenaga kerja.
“Kami meresmikan layanan dimaksud dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas” bebernya.
Lebih jauh, Denny Yuliayana Rahayu, Kepala Seksi Bina Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja di Disnaker Provinsi Kaltim, mengungkapkan rencana pengaktifan kembali bangunan tersebut untuk keperluan bersama dengan Ruang Informasi Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja (RINDU).
Ayu, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa gedung sebelumnya hanya berfungsi sebagai Bursa Tenaga Kerja Online (BKOL).
Oleh karena itu, pada tahun 2023, pihaknya akan menambah fungsi penggunaan gedung tersebut sebagai penyedia layanan informasi magang, pelatihan, dan akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK).
“Jadi fungsinya bertambah, bukan hanya soal info lowongan tapi juga produktivitas,” jelasnya.
Ayu menekankan bahwa siapa pun dapat mengunjungi gedung pelayanan tersebut di Kantor Disnakertrans Kaltim, yang terletak di Jalan Kemakmuran.
“Bagi yang tidak dapat datang langsung, juga dapat mengakses melalui Instagram, Telegram, dan Info Loker Kaltim,” tambahnya.
Dengan transparansi dalam pelayanan informasi ini, Ayu berharap tenaga kerja di Kaltim dapat meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk bersaing dalam dunia kerja.
“Jadi siapapun boleh langsung datang, ini upaya kita untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja,” tutupnya.