Divisi.id – Kepala Dinas Dukcapil Kukar, Muhammad Iryanto, mengungkapkan salah satu tantangan besar di Kukar yakni kondisi geografisnya yang membuat infrastruktur transportasi dan jaringan internet menjadi kendala utama dalam menyediakan layanan secara merata.
“Luasnya lebih dari 27 km persegi, infrastruktur transfortasinya jauh, dan infrastruktur jaringan internet tidak semuanya punya,” ujar Iryanto.
Iryanto menegaskan pentingnya infrastruktur jaringan komunikasi atau internet yang merata, sehingga masyarakat dapat mengajukan permohonan dokumen kependudukan secara online, bahkan di desa-desa terpencil sekalipun.
“Masyarakat jadi lebih mudah, cukup menggunakan internet melalui ponsel untuk mengajukan permohonan dokumen kependudukan, tanpa harus datang langsung ke tenggarong atau tempat lainnya,” ujarnya.
Selain itu, Ia menyampaikan bahwa DisDukcapil Kukar menyediakan nomor kontak pengaduan bagi warga yang mengalami kesulitan dalam proses pengurusan dokumen.
Warga dapat mengadukan jika proses pengurusan dokumen berlangsung lebih lama dari yang seharusnya, dengan menyertakan bukti screenshot sebagai bahan bukti.
“Harapannya dapat meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi dalam pengurusan dokumen kependudukan bagi masyarakat Kukar, sekaligus menjembatani kesenjangan infrastruktur dan memperkuat layanan publik di wilayah yang terpencil,” tuturnya.