Divisi.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Timur (Disnakertrans Kaltim), menginisiasi kegiatan sertifikasi kompetensi digital marketing guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di wilayah tersebut. Selain itu, program ini bertujuan menyiapkan SDM menghadapi tantangan society 5.0 dan bonus demografi.
Pelatihan digital marketing yang diselenggarakan di Hotel Grand Elty Tenggarong diikuti oleh 220 peserta. Acara ini, yang dijalankan secara daring dan dinaungi oleh Lembaga Sertifikasi Teknologi Digital Yogyakarta, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pemasaran digital.
Muhammad Abduh, Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja, menyatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan misi Gubernur Kalimantan Timur untuk menciptakan SDM yang berdaya saing, terutama bagi perempuan, pemuda, dan disabilitas.
“Melibatkan peningkatan kompetensi tenaga kerja yang sedang meniti karir profesionalnya serta pembekalan keterampilan dan pengalaman bagi mereka di bangku sekolah atau fase transisi,” tutur Abduh.
Abduh menekankan bahwa perkembangan teknologi memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, persiapan SDM yang kompeten menjadi krusial untuk menyikapi perubahan tersebut. Peningkatan kompetensi ini berfokus pada mereka yang sedang berkarir maupun dalam fase transisi di dunia pendidikan.
Program sertifikasi kompetensi digital marketing menjadi langkah konkrit pemerintah untuk mencetak SDM yang terampil dan adaptif. Selain peningkatan kompetensi, peserta juga akan memperoleh sertifikat yang diakui oleh Lembaga Sertifikasi Teknologi Digital Yogyakarta.