Divisi.id – Kepala Program dan Keuangan Dinas Sosial Kutai Kartanegara (Kukar), Zein Wahyudi, menyatakan bahwa selain masalah validitas data, tantangan lain yang dihadapi adalah kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM).
“Dalam hal SDM, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, kami perlu meningkatkannya. Kami memiliki petugas lapangan, Dinsos tidak dapat turun langsung ke setiap kecamatan,” ungkap Zein.
Ia berharap dengan keberadaan Tim Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dapat membantu Dinsos dalam memberikan informasi dan masukan yang relevan terkait kondisi warga
Kemudian, Zein juga menjelaskan bahwa data yang dikumpulkan biasanya berasal dari tingkat terendah, yaitu tingkat RT.
Lebih lanjut, ketika data sudah disaring dari tingkat RT, diharapkan data yang diperoleh lebih akurat dan valid.
“Harapan kami, pada tingkat RT sudah tersaring warga yang benar-benar membutuhkan bantuan. Namun, kenyataannya masih ada kasus di mana orang yang seharusnya tidak layak mendapatkan bantuan malah mendapatkannya, dan sebaliknya,” jelasnya.